Minggu, 08 Agustus 2010

Khasiat Pisang


Makan 3 buah jeruk, 3 buah pisang ambon dan 3 porsi sayuran dalam sehari sama khasitnya dengan meminum obat-obatan anti-hipertensi yang diberikan oleh dokter kepada pasien yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi, ringan dan sedang. Prospek ini dikemukakan oleh dr. Kay Tee Khawa dan dr. Simon Thorn yang memimpin suatu percobaan atas dua puluh laki-laki sukarelawan yang sehat di Rumah Sakit St.Mary, London.

Rupanya zat rahasia yang berkhasiat menurunkan tekanan darah yang dikandung oleh makanan tadi adalah ion potasium (K+) dan ini terkandung dalam buah jeruk,pisang maupun sayuran

Pisang
Penelitian di tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa turun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Rendahnya kandungan natrium dalam pisang juga aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah.
Para peneliti dari St. George's Medical School di London menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kalium sitrat -yang ditemukan secara alami dalam makanan- memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang mengonsumsi kalium klorida melalui suplemen.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar