Sabtu, 26 November 2011

PENGEMBANGAN PISANG AROMA

PENGEMBANGAN PISANG AROMA
PT TROPICANA SIAP KEMBANGKAN PISANG AROMA

TEMANGGUNG, PT Tropica Banana  dari  Semarang siap mengembangkan pisang aroma di desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo. Rencananya  pengembangan pisang varietas unggul itu dilakukan bekerjasama dengan petani setempat.
     Sosialisasi  rencana pengembangan pisang aroma itu dipaparkan dalam  rapat selapanan  kelompok tani Surodipo Desa Tawangsari yang berlangsung di salah satu rumah anggota Kamis (29/9). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ir.Budiarto, MT didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Ir. Sunardi, Camat Wonoboyo dan pejabat terkait serta diikuti segenap anggota Kelompok Tani.
     Kastiyono dari PT Tropicana Banana menjelaskan, pihaknya siap memberi bantuan bibit pisang aroma  secara gratis sekaligus melakukan pendampingan  dalam  tata cara penanamannya. Untuk tahap pertama  bantuan bibit yang diberikan sebanyak 100 batang. Petani tinggal menyiapkan lahan dan menanamnya serta jika sudah panen akan dibeli oleh PT dengan harga standart.
     Diutarakan , pisang aroma memiliki keunggulan yakni buahnya lebat, rasanya manis dan tahan lama. Dalam satu tandan bisa menghasilkan 40 kg  dan setiap kgnya akan dibeli Rp.3500. Sasaran utama pemasarannya  dipasok ke sejumlah supermarket.
     Wakil Bupati Budiarto dalam sambutannya menyambut positif rencana pengembangan pisang aroma di Tawangsari yang  dinilai menguntungkan petani. Diharapkan rencana tersebut bisa ditindaklanjuti  dalam bentuk MOU  kerjasama antara  investor PT Tropica Banana dengan petani dilandasi prinsip saling menguntungkan.
     Ketua Kelompok Tani Surodipo Joko Sungkono mengatakan, pada prinsipnya  petani tertarik dengan penawaran PT Tropica Banana  yang merencanakan  pengembangan pisang aroma. Namun demikian  untuk menentukan sikap, pihaknya akan  segera menggelar rapat internal  bersama segenap anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar