Senin, 31 Oktober 2011

Kerjasama dengan petani Temanggung

Waktu berjalan terus dan sementara itu permintaan akan pisang tidak pernah mengenal surut. Bahkan beberapa outlet yang kami suplai bertambah banyak permintaannya. Belum lagi permintaan pisang raja untuk bakery yang semakin meningkat. Oleh karena itu kita harus berpikir keras dan kreatif untuk menjalin kemitraan dengan petani guna memperoleh bahan baku pisang yang kualitasnya baik.

Beberapa waktu lalu telah kita lakukan pertemuan dengan petani di daerah Kabupaten Temanggung. Pertemuan kedua kita lakukan Jumat kemarin tanggal 28 Oktober 2011. Pada prinsipnya draft kontrak kerjasama sudah kita sepakati. Pihak kami akan menyediakan bibit pisang hasil persemaian kultur jaringan dan pemeliharaan serta pemupukan hendak dipantau oleh team penyedia pupuk sampai panen. Kemudian hasil panennya kita yang akan membelinya.

Memang diperlukan waktu paling cepat 1 (satu) tahun untuk memperoleh bahan baku pisang, tetapi cara ini barangkali merupakan langkah yang menguntungkan berbagai pihak yang terkait. Sekaligus sebagai pemberdayaan petani pisang di pedesaan. Untuk tahap awal ini hendak ditanam demplot beberapa ha dahulu sambil dievaluasi keberhasilannya. Baru setelah dinilai cukup berhasil, kita bisa kembangkan untuk daerah yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar